Jumat, 02 November 2012

Angan-Angan Yang Bertemu Dengan Teknologi



Perkembangan teknologi  yang begitu pesat memaksa orang untuk mengimbanginya. Tak mampu mengikuti dan mengimbanginya orang akan ketinggalan dan kehilangan berbagai macam kesempatan. Teknogi  dalam hal ini teknologi digital membuat orang yang selama ini hanya mempunyai gambaran di kepala, sekarang bisa diwujudkan nyata lewat dunia digital. Gambaran yang hanya di kepala yang bisa dilihat sendiri, kini bisa dibagikan keseluruh penjuru dunia.  Dunia digital juga membuat tampilan menjadi enak dilihat dan rapi terstruktur. Dulu sebelum saya melek digital, sudah berapa karya kreativitas buat anak-anak yang tercipta. Sejak tahun 2003 aktif menjadi pengajar sekolah minggu hingga tahun ini, sudah  banyak karya yang tecipta. Namun karena dulu belum melek teknogi digital, jadi semua karya yang tecipta hilang ditelan waktu. Dulu juga tak setelaten mencatat dan mendokumetasikan  hasil ide kreativitas yang tercipta. Jadi dari tahun 2003 hingga awal tahun ini tak punya arsip dari hasil ide kreativitas yang pernah dihasilkan. Menyesal? Tentu iya.
Namun sejak awal Mei tahun ini saya pun sadar. Ide awalnya memang keinginan untuk berbagi ke semua orang tentang bahan  kreativitas untuk sekolah minggu tiap minggunya kepada para guru/pembina sekolah minggu. Mulailah menuangkan ide kreativitas yang ada dikepala untuk dituangkan dalam bentuk digital, yaitu lewat corel lalu dipindahkan  lewat PDF.  Mulailah lahir bahan kreativitas sekolah minggu bulan Mei yang saya postingkan lewat blog pribadi saya di catatatansigal.blogspot.com.  Kebetulan sudah dua tahun ini saya mempunyai blog pribadi dan di blog ini pula saya aktif menulis.
Kini tak terasa sudah hampir di penghujung tahun, dan tak terasa sudah hampir ada kurang lebih 30 bahan krativitas dalam bentuk file pdf bahan kreativitas sekolah minggu.  Keistimewaan dalam bahan kreativitas yang saya buat adalah pengunjung tinggal mendownload dan tinggal memperbanyak ke anak-anak yang menjadi murid-muridnya.  Dari saya memposting bahan-bahan kreativitas untuk anak-anak  ini, jumlah pengunjung blog saya menjadi naik. Hampir setiap minggu popular post selalu bahan kreativitas yang untuk diajarkan diminggu terdekatnya. Dari blog ini pula ada relasi dan hubungan dengan para guru sekolah minggu, pembina Pendamping Iman Anak, guru Bina Iman Anak dari berbagai macam daerah, seperti Malang, Semarang, Muntilan,  Bandung, Bekasi dan tentunya kota  Jogja tercinta.
Dalam perkembanganya bukan saja bahan kreativitas yang saya postingkan, namun juga bahan cerita dari hasil lukisan gambar saya. Cerita kitab suci yang saya buat dalam bentuk pop up, sehingga gambar dapat berdiri dan itu sangat disuka oleh anak-anak. Gambar-gambar yang saya buat, saya tampilkan di blog, agar para pengunjung dapat mendownload dan membuat sendiri. Dari sinilah ide bisnis untuk membuat buku cerita bergambar yang dapat dibuat pop-up muncul. Membuat kemasan buku dengan panduan lengkap, cara membuat pop up untuk certa bergambar mulailah saya rencanakan. Rencananya tahun depan mulailah saya mengarap buku pop up cerita kitab suci, saya akan garap dengan serius. Untuk saat ini sudah ada materi  lima buah cerita yang sudah saya postingkan dalam blog. Hanya saja diblog, belum saya sertakan cara membuat pop upnya hanya gambar saja dan bentuk jadi setelah jadi pop up.  Video cerita dengan pop up pun telah saya up load di youtube. Dengan buku yang saya buat nantinya, para pembeli tinggal mempraktekannya dan dijamin anak-anak akan suka dengan cerita bergambar yang dapat disajikan dengan lebih menarik. Mengingat di pasaran, di toko-toko buku rohani, sangat jarang menjumpai cerita bergambar dalam bentuk pop up.
salah satau contoh pop up cerita
Dari ide untuk membuat cerita pop up, lalu idepun tak berhenti, kenapa bahan kreatvitas yang telah saya kumpulkan dan sekarang tanpa disadari telah dalam bentuk file tidak saya garap menjadi buku? Dengan perbaikan dan penambahan cara pembuatan yang lebih terstrukutur dengan kata-kata yang lebih diperhatikan sesuai dengan EYD tentu kenapa tidak dicoba. Mulailah juga rencana untuk membuat buku kumpulan bahan kreatvitas sekolah minggu. Karena saya menyadari bahwa tak semuanya para guru sekolah minggu itu hobi browsing di dunia maya. Maka lewat buku yang nantinya disertai cd ini akan mambantu para guru yang tak begitu hobi  dengan dunia maya, juga punya kesempatan untuk menambah referensi cara membuat kreativitas untuk anak-anak.
Selalu saja ada ide, namun jika ide itu tak dituangkan dan hanya dalam bentuk angan-angan saja, maka semua itu tak akan terjadi. Setelah menciptakan ide untuk membuat bahan kreatvitas, membuat cerita bergambar dengan model pop up. Lalu mucul ide  membuat lagu baru untuk anak-anak sekolah minggu. Dalam sekolah minggu untuk menarik anak-anak untuk datang kembali memang dibutuhkan kreativitas yang tidak itu-itu saja, cerita yang tidak saja itu-itu saja dan lagu yang tidak hanya itu-itu saja. Maka mulailah proses pembuatan lagu-lagu baru untuk anak-anak. Saat ini memang sudah ada 4 buah lagu, dua lagu sudah di postingkan dalam blog. Untuk sekedar lagu untuk anak-anak memang rencana pasaranya akan dibuat dalam bentuk DVD mengingat lagu untuk anak-anak yang penting adalah geraknya. Setalah terkumpul materi kurang lebih 15 lagu, rencana pembuatan video walau dengan cara yang paling sederhana akan kami lakukan.
Dari membuat sesuatu yang diubah dalam bentuk digital, yang awalanya hanya ide yang ada di kepala,  tanpa disadari telah membantu saya dalam proses membukukan apa yang selama ini tercipta. Membuat tampilan yang menarik, menyediakan bahan yang mereka butuhkan,  membuat ide untuk mencipta akan terus selalu  ada. Ya, semua berawal dari proses mengubah sesuatu yang ada di kepala untuk ditampilakan dalam bentuk digital. Dan setelah semua dalam bentuk digital, tinggal prose perbaikan untuk layak dijadikan sebuah buku.  Untuk pasar, tak perlu takut, sudah ada jaringan dan relasi dari teman-teman yang aktif mengunjungi blog dan facebook . Sekarang tinggal usaha untuk mencari percetakan yang mau diajak kerja sama. Dan semoga tahun depan cita-cita untuk membuat buku kumpulan bahan kreativitas sekolah minggu, buku POP UP cerita serta DVD gerak dan lagu dapat terwujud.
Semua itu tak akan pernah terjadi jika angan-angan itu hanya sekedar angan-angan, tanpa ada usaha iuntuk mewujudkannya. Dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah lewat teknologi digital yang ada. Selamat berkarya dan mencipta bersama teknologi.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

Persembahan Hati