Jumat, 31 Januari 2014

Bahan Kreativitas Sekolah Minggu 9 Maret 2014 PIA Kumetiran "Pencobaan di padang gurun"

Hari Minggu Prapaskah I
Bacaan : Matius 4 :1-11
Tema Kreativitas : Pencobaan Di Padang Gurun



Selamat pagi…adik-adik….
Siapa di sini yang sebelum berangkat sekolah minggu sudah makan?
Coba kita hitung dalam sehari , kita makan berapa kali ya…? (makan pagi, makan siang, makan malam…)
Kita makan setiap hari supaya apa sih…? (supaya kita kuat dalam beraktivitas)
Pernah tidak ya…dalam satu hari kita tidak makan dan minum?  Kalau kita sehari tidak makan dan minum badan kita kuat apa lemas ya…? Apa lagi jika kita tidak makan dan minum selama beberapa hari…
Tau tidak adik-adik…Tuhan Yesus dulu juga berpuasa selama 40 hari, tidak makan dan minum sama sekali… Tuhan Yesus berpuasanya tidak di rumah, namun di padang gurun… Coba kita bayakangkan ya, tidak makan dan minum lalu tempatnya di padang gurun…Padang gurun jika siang tentu sangat panas dan jika malam tentu sangat dingn…  selama 40 hari Tuhan Yesus berpuasa, dan saat hari terakhir, saat badan sudah lemas dan ingin sekali makan…datang ibils untuk  mencobai Dia. Ibils datang dengan membawa sebongkah batu, lalu katanya : "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." Lalu jawab Yesus apa ya…adik-adik? Apakah Yesus menurutu perkatan Iblis tadi? (tentu tidak). Yesus menjawab : Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
Iblispun lalu tidak menyerah untuk terus mencobai Yesus, lalu Yesus dibawa ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah. alu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."
Lalu jawab Yesus apa adik-adik? Apakah mau menuruti iblis? (tentu tidak). Jawab Yesus.. "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"
Iblis tak langsung menyerah dan pergi, tuk yang terakhir kalinya iblis mencobai Yesus dengan membawaNya  ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, lalu katanya : "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
Lalu sesudah itu iblis takut dan pergi dari hadapan Yesus, dan datanglah malaikat-malaikat untuk melayani Yesus.

Siapa tadi yang mendengarkan ceritanya…? Ada berapa kali Yesus dicobai oleh iblis? (ada tiga)
Iya ada tiga…. Ayo siapa yang bisa menyebutkannya… ?
Yang Pertama : merubah batu menjadi roti
Yang kedua : Menjatuhkan diri di atas bumbungan bait Allah
Yang ketiga : Sujud menyembah iblis
Semua yang ditawarkan oleh iblis, sama Tuhan Yesus semua ditolaknya…
  Mari kita menyanyikan lagu :
Dalam nama Yesus...dalam nama Yesus
ada kemenangan
Dalam nama Yesus...dalam nama Yesus
Iblis dikalahkan
dalam nama Tuhan Yesus
siapa dapat melawan
dalam nama Tuhan Yesus ada kemenangan..
hei..kau setan dalam nama Yesus
angkat senjatamu dan pergi
karna Yesus tlah beri kuasa
untuk melawanmu
 Dalam nama Tuhan Yesus
siapa dapat melawan
Dalam nama Tuhan Yesus ada kemenangan
Yuk tuk mengingat pesan-pesan apa saja yang diperintahkan oleh Yesus, lewat tiga pencobaan tadi, kita akan buat hiasan gantung. Hiasan gantung yang berisi pesan-pesan dari Tuhan Yesus.
Penjelasan masa pra paskah:
Adik-adik siapa yang kemaren hari rabu diberi tanda berupa abu di dahinya…? Rabu abu itu merupakan tanda dimulainya masa pra paskah, seperti Tuhan Yesus yang dicobai selama 40 hari, kita sebagai pengikutnya juga sama. Kita masuk dalam masa pertobatan kita selama 40 hari sebelum kita menyambut hari raya Paskah. Selama 40 hari, kita akan menjalani  masa pra paskah dengan aksi puasa bagi yang sudah wajib tuk berpuasa dan berpantang bagi yang sudah wajib berpantang. Kalau adik-adik disini boleh belajar mengisi masa pra paskah ini dengan mencoba berpantang. Misalnya pantang jajan. Biasanya sehari bisa jajan sampai 10 ribu. Saat hari jumat tidak jajan sama sekali, lalu uangnya kita masukan dalam kotak app yang telah kakak-kakak bagikan. Alangkah baiknya juga bukan hari jumat saja, namun setiap hari kita kurangi uang jajan kita, untuk kita sisihkan dan kita masukan dalam kotak app. Uang yang terkumpul dari kotak app itu nantinya akan digunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan. Adik-adik mari kita jalani masa pra paskah selama 40 hari ini dengan  semangat pertobatan ya… (mengurangi jajan, menghilangkan malas, tidak lagi cengeng, tidak lagi suka marah-marah, rajin belajar, rajin membantu orang tua dan masih banyak lagi hal yang dapat kita lakukan…)
Tetap semangat adik-adik…


gambar untuk mewarnai Pencobaan di padang gurun
kreativitas lain dengan tema pencobaan di padang gurun
cerita tentang Pencobaan di padang gurun
cerita bergambar "Yesus Dicobai di padang gurun"

2 komentar:

dewi mengatakan...

Terima kasih utk idenya, sangat membantu sekali.. :) oya, ada komen dikit, itu pencobaan yg kedua dan ketiga terbalik urutan tempelnya.. tp hasilnya sih sama aja, asal jangan kebalik pas ceritanya saja.. Terus berkarya!

Galih mengatakan...

Yup sama2... Itu urutan tempel saya kebalikan arah jarum jam... Yup ceritanya pake pop up yg terbaru yg sdh diperbaiki..

Total Tayangan Halaman

Persembahan Hati