Rabu, 05 April 2017

Catatan Harian Jejak Langkah Misioner ke Merauke edisi 01 "Pengantar"

Hari ini tanggal 5 April 2017, tepatnya malam nanti saya bersama teman-teman Jejak Langkah Misioner #3 (JLM) Keuskupan Agung Semarang akan memulai perjalanan misi ke ujung Timur Indonesia yaitu di Merauke Papua Barat. Selama kurang lebih 20 hari, sebuah pengalaman baru, sebuah pelajaran baru akan diterima. Seperti sebuah gelas yang setengah isi, saya akan mengisi dengan sebuah pengalaman hidup dan pelajaran hidup dari sahabat-sahabat yang ada di daerah pedalaman di Papua. Kehadiran, sapaan bahwa saya adalah satu saudara, satu keluarga akan saya alami selama kurang lebih 20 hari. Proses lebih banyak mendengar, lebih banyak memahami, lebih banyak melihat dan merasakan suasana kehidupan masyarakat Papua akan coba saya jalani dan nikmati. Seperti peralatan elektronik gadget yang perlu di charge. Saya akan menjadikan pengalaman ini sebuah sarana untuk mengcharge diri saya, dari berbagai macam sisi.

Selama di Merauke, saya juga akan membagikan setengah gelas yang sudah saya siapkan. Setengah gelas yang berisi pengalaman-pengalaman hidup selama ini, pelajaran katekese yang sudah diterima selama ini, serta keterampilan yang telah Tuhan berikan kepada saya. Selama perayaan pekan suci paskah, misi JLM 3 salah satunya membantu perayaan pekan suci, mulai dari minggu palma hingga perayaan paskah. Memberikan katekese tentang pekan suci kepada umat di stasi-stasi. Serta membantu perayaan ibadat sabda selama pekan suci, mengingat tenaga imam yang terbatas di paroki Getentiri, yang harus menjangkau banyaknya stasi dan medan yang cukup berat.

Perjumpaan dengan orang muda juga akan diadakan dalam tajuk Temu OMK "Jangan Takut." Jangan takut untuk bermimpi dan mengejar cita-cita. Jangan takut untuk menyuarakan suara hati nurani untuk menjaga dan merawat potensi alam tempat tinggal kita. Perjumpaan dengan adik-adik sekami juga akan kami adakan dalam rangka merayakan Paskah bersama. Kita akan bergembira, bermain, bernyanyi dan menari bersama merayakan Paskah. Dan himbauan adik-adik sekami untuk merawat alam ciptaan Tuhan akan kami hadirkan dalam bentuk poster yang dibuat oleh adik-adik sekami. Perjumpaan dan saling belajar satu dengan yang lainnya dengan para pendamping sekami KKI di Merauke tentu juga tidak akan kami lewatkan.

Ini teman-teman sekedar gambaran apa saja yang akan dilaksana di sana. Tentu apa yang dipersiapkan bisa saja berubah menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Yang penting bawa hati, lakukan sepenuh hati. Pada kesempatan ini saya juga pamit, mungkin selama 20 hari ini no hp, wa, fb,bb, ig saya tidak aktif mengingat di daerah pedalaman sinyal sangat jarang. Kalau ada sinyal mungkin bisa saya bales 😊.  JLM #3 akan berangkat 5 April dan akan kembali lagi ke Jogja 23 April 2017. Saling mendoakan ya, teman-teman...selamat mempersiapkan dan merayakan pekan Suci. SELAMAT PASKAH...Tuhan memberkati dan tetap semangat....

"Sebuah jejak mungkin akan hilang, tetapi ingatan akan keindahan alam, kebersamaan, rasa kekeluargaan akan membekas dengan indah dalam ingatan kita."
(Coretan 5 April 2017 Pkl 10.00)

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

Persembahan Hati