Rabu, 25 April 2012

Mengucapkan selamat ulang tahun di FB

HBD-Gltr Bubbles Text Pictures, Images and Photos

Teringat ketika awal-awalnya dulu facebook menjadi "makanan" rutin di masyarakat luas. Setiap menit orang membuka facebook. Hampir setiap kita merayakan ulang tahun, puluhan bahkan ratusan teman-teman mengucapkan selamat ulang tahun di wall kita. Kata-kata ucapannyapun dulu panjang, dan terkadang membuat kita senang membacanya. Tak jarang pula bagi yang sedang berulang tahun, akan membalas ucapannya satu persatu. Jika tak sempat, yang berulang tahunpun akan menuliskan di wall ucapan terima kasih atas ucapan dan doa-doanya. Biasanya lalu disambut jempol oleh orang-orang yang membacanya.

Seiring berjalannya waktu, dan mulai berkurangnya intrest orang dengan jejaring sosial yang bernama facebook. Mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman di facebook mulai tak sebanyak ketika awal booming-boomingnya facebook di masyarakat. Ucapan dari yang dulunya panjang-panjang sekali menjadi sebuah singkatan HBD. Terkadang orang yang berulang tahun membalasnya dengan like jempol.

Tak dipungkiri memang masih banyak orang yang mengucapkan selamat ulang tahun di facebook. Namun ada juga orang yang lebih suka mengucapkan selamat ulang tahun lewat sms, telfon langsung, ataupun lewat perjumpaan dan kartu ucapan. Berkurangnya minat orang mengucapkan selamat ulang tahun bisa disebabkan oleh banyak hal. Orang sudah mulai bosan dengan yang namanya facebook dan beralih ke jejaring sosial lainnya yang lagi ngetrend. Perkembangan blackberry juga menjadikan orang lebih suka mengucapkan selamat ulang tahun lewat pesan BBM nya.

Pesan ucapan selamat ulang tahunpun juga mengalami kemunduran. Dari yang berderet-deret dengan kata-kata indah, menjadi hanya tiga huruf HBD. Seringkali orang ketika mau ulang tahun, tak akan menampilkan hari dan tanggal ulang tahun di facebook. Tujuannya pun macam-macam, ada yang ingin menguji apakah teman atau sahabat kita ingat dengan hari ulang tahun kita. Ataukah orang lagi malas untuk membalas satu persatu ucapan yang masuk? Atau bisa saja ingin ulang tahunnya memang sengaja disembunyikan dengan alasan tertentu.

Tanpa disadar teknologi dapat membuat orang merasa biasa untuk tak mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman dan sahabat kita yang lagi berulang tahun. Tau teman atau sahabat kita berulang tahun hari ini, namun tak memberi ucapan selamat. Malahan memposting hal-hal yang tak perlu. Jika benar sudah malas memberi ucapan selamat ulang tahun di facebook, ucapkanlah selamat ulang tahun lewat perjumpaan langsung. Jika jarak dan waktu tak memungkinkan sms, bbm atau telfon langsung, dan ucapkan selamat ulang tahun dengan tulus. Dan jangan pernah sekali-kali melupakan hari ulang tahun orang-orang yang kita cintai.

www.kompasiana.com/sigal

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Halaman

Persembahan Hati